Jenis Madu dan Wisata Lebah

Minggu, 04 Januari 2009


  • Madu Pelangsing madu yang dihasilkan sejenis lebah liar yang hidup di hutan secara bergelombolan sehingga kumpulannya hampir sebesar pintu, maka lebah ini diberi nama lebah dorsata. Lebah ini sengatnya mematikan, namun madunya sangat baik dan aromanya kuat, punya kesamaan tinggi sehingga tidak membeku karena terkadang mengandung gas jika demikian saat membuka segera dituangkan ke dalam mangkok/toples. Lebah dorsata ini menghisap 70 % bunga puspa dan bunga kibanen sehingga dapat melangsingkan tubuh secara cepat dan alami juga melancarkan buang air besar/ sembelit. tidak bermasalah bagi penderita maag, mengeluarkan lemak dalam tubuh, mengobati kolesterol.

  • Madu Pahit merupakan madu istimewa yang berkhasiat, karena madu ini dihasilkan dari jenis bunga yang sangat popular dijadikan ramuan obat seperti bunga alpukat, krinyuh, ketepos, baruntas, gangseng, gerbi, kibanen, dan bunga pahitan lainnya. Disebut istimewa karena madu pahit dihasilkan lebah 1 tahun 1 kali pada bulan dimana bunga pahitan berbunga tidak semua lebah menghasilkan madu pahit, hanya sebagian lebah dan disebut lebah penghasil madu pahit. Diutamakan untuk penderita penyakit gula, diabetes, kolesterol dan asam urat.

  • Madu Tepung Sari merupakan madu yang bertepung sari atau bee folen yang kira - kira setengahnya dari banyaknya sehingga jika dalam botol warnanya sedikit gelap atau rambang juga lebih kental. Madu tepung sari dihasilkan hanya pada saat bunga bertepung sari. Berbunga sehingga madu tepung sari dapat mempercepat penyembuhan bagi anda sehabis operasi atau penyakit dalam lainnya. seperti paru - paru, ginjal, keputihan, darah tinggi, kurang darah dll

  • Madu Sarang merupakan madu yang langsung diambil dari kotak lebah tanpa diperas terlebih dahulu sehingga memiliki lilin madu, ada kelihatan masih kuning dan ada juga yang sedikit menghitam itu karena waktu masa panennya yang berbeda. cara makan bisa langsung didkunyah dengan sarangnya.

  • Wisata Lebah untuk menjelaskan proses pengambilan lebah dari pohon sampai menjadi madu diantaranya : identifikasi keluarga lebah madu, lebah pekerja, penjantan, ratu, pakan lebah, cara panen lebah, cara mengatasi hama, berfoto wajah penuh lebah, panen dadakan, penjualan lebah pilih sendiri, dan menerima suntik lebah/pengobatan dengan lebah.

0 komentar: